Rabu, 27 Maret 2013

SABUT KELAPA BERNILAI EKONOMIS TINGGI

Indonesia sebagai negara agraris, tentu memiliki banyak komoditi yang memiliki banyak keunggulan baik dari sisi kuantitas maupun kualitas produk nya, hanya selama ini karena keterbatasan penguasaan tehnologi oleh para petani, baik tehnologi industri maupun tehnologi marketing nya, maka dari produk yang dihasilkan masih belum banyak dikenal oleh masyarakat luas baik di tingkat nasional maupun internasional.

Salah satu hasil industri pertanian tanah air yang masih terbatas pemanfaatan nya adalah hasil produk kelapa, selama ini buah kelapa yang cukup melimpah di tanah air masih sangat terbatas pemanfaatan nya, baik jenis varian produk turunan yang dihasilkan maupun penanganan limbah sisa produksi nya.

Salah satu hasil samping dari produk buah kelapa adalah "sabut kelapa", selama ini oleh masyarakat hasil samping ini hanya dimanfaatkan sebagai bahan bakar, baik untuk keperluan rumah tangga maupun industri kecil yang memerlukan energi panass dalam proses produksinya.

Baru sebagian kecil limbah hasil produksi kelapa, yang berupa sabut ini dimanfaatkan menjadi  sumber bahan baku untuk menghasilkan produk industri yang bernilai ekonomi tinggi, sehingga bisa meningkatkan penghasilan para pelakunya, hal ini karena tingkat ketrampilan dan pengetahuan para petani penghasil kelapa masih sangat minim dan terbatas. 

Berbagai macam alat  kebutuhan rumah tangga bisa dihasilkan dari limbah hasil pertanian ini, mulai dari produk sederhana yang berupa "kesed" sampai dengan produk yang memerlukan permesinan modern bisa diproduksi.

Banyak negara yang sudah memanfaatkan sabut kelapa ini, yang merupakan bahan baku untuk memproduksi berbagai jenis barang yang sifatnya sangat ramah lingkungan, sehingga bisa mengurangi dampak dari pemanasan global.

Dalam tulisan perdana ini saya akan mengupas secara singkat, bagaimana cara memanfaatkan limbah sabut kelapa sehingga bisa menjadi sebuah produk yang bernilai ekonomi tinggi, bahkan pasarnya bisa menembus pasar eksport.

Untuk menghasilkan produk yang berbahan baku sabut kelapa, harus melalui beberapa proses produksi, yang bisa dilakukan oleh setiap orang, karena tidak diperlukan keahlian khusus, dan jenjang pendidikan tertentu, dan alat bantu proses produksinya pun bisa menggunakan mesin yang bersifat tepat guna dan tepat tekhnologi yang bisa dibuat sendiri, kecuali untuk permesinan yang masuk dalam kategori mesin bertekhnologi modern.

Berbagai produk seperti, kesed, sapu, peralatan tidur seperti kasur, bantal, maupun produk fashion seperti, topi, tas, sandal bisa diproduksi, bahkan sarana pertanian seperti, pot dan media tanam lainnya bisa dihasilkan dari sabut kelapa ini. 

Semua produk yang dihasilkan adalah kategori produk yang ramah lingkungan, bahkan sebagian produk yang dihasilkan bisa membantu perbaikan ekosistem lingkungan, seperti "coconet" dan produk "bitumi" yang sudah banyak digunakan kalangan industri pertambangan untuk mereklamasi lokasi tambang pasca eksplorasi.

Untuk mengetahui peluang bisnis dan proses produksi dari bahan baku yang berupa sabut kelapa ini silahkan anda ikuti dan baca tulisan saya berikut nya, semoga tulisan singkat saya ini banyak bermanfaat dan menumbuhkan ide ide baru dalam menciptakan peluang usaha dan bisnis, untuk penciptaan lapangan kerja baru. sampai jumpa di posting saya selanjutnya.

1 komentar:

  1. Ini adalah Bpk. Benjamin yang menghubungi rincian Email, lfdsloans@outlook.com. / lfdsloans@lemeridianfds.com Atau Whatsapp 1 989-394-3740 yang membantu saya dengan pinjaman 90.000,00 Euro untuk memulai bisnis saya dan saya sangat bersyukur, sangat sulit bagi saya di sini untuk mencoba membuat hal-hal sebagai ibu tunggal tidak mudah dengan saya tetapi dengan bantuan Le_Meridian memberikan senyum di wajah saya ketika saya melihat bisnis saya tumbuh lebih kuat dan berkembang juga. Saya tahu Anda mungkin terkejut mengapa saya meletakkan hal-hal seperti ini di sini tetapi saya benar-benar harus mengucapkan terima kasih jadi siapa pun yang mencari bantuan keuangan atau melalui kesulitan dengan bisnis yang ada atau ingin memulai proyek bisnis dapat melihat hal ini dan memiliki harapan untuk keluar dari kesulitan..Terima Kasih.

    BalasHapus